Profil Gereja Kristen Sumba

Gereja Kristen Sumba atau yang biasa disingkat GKS, lahir dan berdiri sendiri pada tanggal 15 Januari 1947 yang merupakan hasil pekabaran Injil dari Zending Gereformeed Kerken in Nederland (GKN) sejak tahun 1881. Sejarah pekabaran Injil di Sumba dibagi 4 Periode: (1870an-1881) periode awal Masyarakat Sumba bersentuhan dengan kekristenan, (1881-1902) Periode Perintis, (1902-1947) Periode Peletakan Dasar, (1947-sampai sekarang) Periode berdiri sendiri.

Sejak berdiri sendiri GKS mengalami dinamika-dinamika dalam berbagai pelayannya. dinamika-dinamika pelayanan ini terbagi dalam beberapa periode waktu:

1. Tahun 1947 – 1972, GKS dalam periode mencari bentuk

2. Tahun 1970an, GKS menyusun rencana lima tahun (RELITA) sebagai Rencana Pendewasaan GKS

3. Tahun 1980an, kesadaran jemaat GKS untuk terlibat secara langsung secara aktif dalam PI

4. Tahun 1990an, merupakan masa berbenah diri dan GKS semakin mematangkan diri sebagai gereja yang mampu untuk mengatur dan mengeluarkan keputusan-keputusan dalam Gereja, sebagai gereja yang mandiri. Sejak tahun 1990 penentuan pelaksaan Sidang Sinode dilakukan sekali dalam 4 tahun; dimulainya Kesepakatan Kerjasama dengan UKSW dan penyusunan Rencana Induk Pengembangan tahun 1990-1992; Penetapan Tager GKS pada Sidang Sinode di Ombarade tahun 1998.

5. Tahun 2002, GKS menyusun konsep GBKU sebagai pedoman palaksanaan program pelayanan untuk setiap periode. selain penyusunan GBKU, GKS juga merekomendasikan amandemen TAGER GKS sebagai upaya GKS utuk menyesuaikan diri dengan perubahan dan perkembangan yang dihadapi.

6. Tahun 2006 hingga saat ini, merupakan masa-masa GKS untuk berbenah diri yang ditandai dengan Amandemen TAGER GKS terutama perubahan struktur Organisasi secara menyeluruh dan penyempurnaan GBKU sebagai pedoman bersama dalam melakukan pelayanan. Perubahan struktur yang terjadi dilatarbelakangi oleh keinginan yang kuat untuk melakukan revitalisasi asas Gerejawi GKS yang berdasarkan sistem “Presbiterial – Sinodal” secara berimbangan dan proporsional.

About gerejakristensumba

Gereja Kristen Sumba adalah salah satu gereja yang ada di Indonesia dan merupakan merupakan Anggota PGI (Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia), yang sudah berdiri sendiri sejak tanggal 15 Januari 1947. Gereja Kristen Sumba (GKS) merupakan hasil pekabaran Injil dari Zending Gereformeed Kerken in Nederland (GKN) sejak tahun 1881. Alamat Sekretariat Sinode GKS: Jln. R. Suprapto No. 23 Karinding, Waingapu, 87113 Telp: (0387) 61342; Fax : (0387) 62279 Email : sumbagerejakristen@yahoo.com
This entry was posted in GKS. Bookmark the permalink.

2 Responses to Profil Gereja Kristen Sumba

  1. Thx untuk artikelnya. Sangat bagus!

    Jika Anda membutuhkan buku-buku rohani dan gift rohani untuk kebutuhan gereja Anda, silahkan dapat membelinya di

    http://visi-bookstore.com/

    VISI Book Store adalah toko buku rohani online TERPERCAYA di Indonesia.

    Toko kami ada di Bandung, Surabaya dan Malang.

    Silahkan masuk ke web untuk melihat kebutuhan-kebutuhan rohani Anda. Jika ingin membeli silahkan add to cart dan ikuti prosesnya.

    Barang dijamin sampai di tempat Anda, kami kirim melalui TIKI.

Leave a comment